Pernahkah Anda menjumpai dump truck alias truk tambang? Merupakan salah satu alat berat. Kendaraan ini digunakan memindahkan atau mengangkat hasil pertambangan. Di mana desain truk sangatlah besar dan beragam.

Sebagai kendaraan operasional pertambangan. Dump truck memang didesain dengan sedemikian rupa. Yang mana perlu Anda ketahui juga. Dump truck ada banyak jenisnya. Untuk itu, Anda mungkin perlu mengetahui beberapa diantaranya.

Ragam Jenis Truk Tambang

Secara umum, dump truk memiliki ukuran raksasa. Dengan daya angkut super banyak. Namun lebih detail, dump truck terdiri dari banyak jenis. Yang mana dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu.

  1. Berdasarkan cara mengosongkan muatan

Seperti yang kita ketahui, truk ini memiliki sebuah bak. Nah, berdasarkan cara mengosongkan muatan dalam bak ini. Ada 3 jenis dump truck, yaitu:

  • End Dump atau Rear Dump. Jenis ini merupakan yang paling sering dipakai. Di mana cara mengosongkan baknya adalah dengan membuang muatannya ke belakang.
  • Side Dump. Jenis ini mengosongkan muatannya dengan dibuang ke samping. Biasanya side dump dipakai pada area tertentu. Dengan lokasi yang sempit dan panjang.
  • Bottom Dump. Memiliki cara pengosongan bak yang berbeda. Muatan akan dibuang melalui bawah bak. Di mana bagian tengahnya dapat dibuka.
  1. Berdasarkan besar dan volume muatan

Sebagaimana fungsi dump truck. Kendaraan ini digunakan mengangkut barang tambang. Untuk itu, bila berdasarkan besar dan volume muatan. Ada beberapa jenisnya, antara lain:

Berdasarkan besar muatan

  • Dump truck ukuran kecil. Berkapasitas angkut maksimum 25 ton.
  • Dump truck ukuran sedang. Berkapasitas angkut maksimum 25-100 ton.
  • Dump truck ukuran besar. Berkapasitas angkut maksimum lebih dari 100 ton.

Berdasarkan Volume Muatan

  • On High Way Dump truck. Memiliki volume muatan dibawah 20 m³.
  • Off High Way Dump truck. Memiliki volume muatan diatas 20 m³.
  1. Berdasarkan tenaga penggeraknya
  • Front Wheel Drive. Tenaga penggerak pada roda depan. Tetapi biasanya tipe ini relatif lambat. Dan ban pun lebih cepat halus.
  • Rear Wheel Drive. Tenaga penggerak pada roda belakang. Merupakan tipe yang paling umum digunakan.
  • Four Wheel Drive. Tenaga penggerak pada roda depan dan belakang.
  • Double Rear Wheel Drive. Tenaga penggerak pada dua pasang roda belakang.

Apabila Anda memerlukan truk tambang dengan beragam jenisnya. Anda mungkin bisa bekerjasama dengan Independent Dispatch Services. Di mana ada banyak jenis truk yang tersedia disana.

Truk Tambang Terbesar Di Dunia

Ukuran dump truck memang besar. Namun diantaranya, ada yang dinobatkan sebagai terbesar yang di dunia. Apa saja itu? Berikut diantaranya:

  1. BeLAZ 75710

Memiliki kapasitas angkut mencapai 496 ton. Belaz 75710 diklaim merupakan dump truck terbesar di dunia. Dengan panjang keseluruhan 20,6 meter. Tinggi 8,16 meter dan lebar 9,87 meter. Serta berat mencapai 360 ton.

Diproduksi oleh perusahaan asal Belarusia. Truk ini siap digunakan mengangkut hasil tambang di Rusia. Dengan dipersenjatai mesin diesel turbo compressor 16 silinder. Berdaya 2.332 dk dengan total daya 4.600 Tk. Dan toksi maksimum 18.626 Nm.

Truk ini juga dilengkapi dengan 8 ban Michelin berukuran super besar. Sehingga siap melaju di medan pertambangan. Namun sayangnya, truck ini hanya mampu meraih kecepatan maksimal 64 km/jam.

  1. Caterpillar 797F

Di urutan kedua ada Caterpillar 797F. Dengan daya angkut mencapai 400 ton. Serta berat operasi hingga 687,5 ton.

Truck ini mempunyai dimensi lebar 9,75 meter. Tinggi 6,52 meter dan panjang 14,8 meter. Truck buatan Amerika ini dipacu oleh mesin diesel c175-20. Dengan turbo compressor 4 stroke serta transmisi otomatis hidraulik. Yang bisa melaju hingga 68 km/jam.

Berbeda dari Belaz 75710 yang menggunakan 8 ban. Caterpillar 797F ini hanya menggunakan 6 ban. Dengan merk Michelin XDR atau Bridgestone VRDP ukuran besar.

  1. Terex MT 6300 AC

Terbesar ketiga adalah Terex MT 6300 AC. Dengan bobot mencapai 660 ton dan daya angkut hingga 400 ton. Truk ini memiliki ukuran panjang 14,6 meter serta tinggi 7,92 meter.

Terex ini menggunakan mesin 20 silinder 4 stroke. Dengan dilengkapi altenator listrik yang berfungsi sebagai pemasok tenaga. Pada motor listrik yang dipasang pada bagian belakangnya. Yang mana sanggup menambah daya 4.000 dk.

Untuk urusan ban, digunakan 8 buah dengan ukuran raksasa. Guna menopang beratnya yang masif.

Jenis truk ini memiliki peranan penting dalam industri tambang. Jadi tidak heran jika kendaraan ini akan sering ditemui di setiap area pertambangan. Lantas, jenis mana yang pernah Anda jumpai?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *