Ibu hamil memang harus menjaga pola makannya dengan cara mengonsumsi makanan yang bergizi guna memenuhi nutrisi si ibu dan janin. Akan tetapi, sering kali ibu hamil harus mengalami godaan dan menahan diri untuk mengonsumsi makanan tertentu, seperti mie instan. Ya, siapa yang tidak tergoda dengan makanan yang satu ini.

Mungkin mengonsumsi mie instan bagi sebagian orang adalah hal yang biasa. Namun, hal ini berkebalikan dengan ibu hamil yang makan mie instan. Terdapat beberapa bahaya ibu hamil makan mie instan. Ibu hamil harus berhati-hati saat mengonsumsi mie instan karena di dalamnya terdapat kandungan garam yang cukup tinggi. Hal inilah yang bisa mengganggu kesehatan ibu hamil.

Apabila ibu hamil mengonsumsi garam berlebih dan dilakukan dalam jangka panjang, maka dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Ibu hamil memang tidak dilarang untuk mengonsumsi garam. Akan tetapi, hanya diperbolehkan dalam jumlah tertentu. Mie instan merupakan salah satu makanan dengan kandungan garam tinggi.

Satu porsi mie instan mengandung sodium hingga 861 miligram. Jumlah tersebut tentu sangatlah tinggi. Sedangkan orang dewasan disarankan mengonsumsi garam kurang dari 2.300 miligram setiap harinya. Apalagi orang dengan riwayat penyakit, seperti diabetes dan hipertensi, maka batas konsumsi garam lebih sedikit lagi.

Tenang saja, ada beberapa trik makan mie instan bagi Anda para ibu hamil merindukan kelezatan makanan ini. Salah satunya adalah dengan menambahkan bahan lain untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, seperti wortel, sayuran hijau, telur, ataupun daging ayam. Selain itu, Anda juga perlu membatasi asupan garam dengan menggunakan setengah dari takaran bumbu.

Kebiasaan mengonsumsi mie instan bagi ibu hamil tentu harus dibatasi dengan tujuan menghindari asupan garam berlebih yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Anda bisa melakukan konsultasi dengan ahli gizi tentang porsi mie instan yang boleh Anda konsumsi. Selain itu, pastikan jika si ibu mendapatkan nutrisi dan gizi yang seimbang demi menjaga kesehatan.