Poster adalah salah satu jenis media luar ruang sebagai sarana untuk mempromosikan sesuatu kepada para pembaca. Poster biasanya diletakkan di tempat yang mudah dilihat oleh orang lain, sehingga fungsi untuk menyampaikan informasi itu dapat terwujud. Banyak sekali jenis poster, salah satunya adalah poster kesehatan.

 

Apa itu poster kesehatan?

 

Poster kesehatan adalah poster yang dibuat dengan tujuan mempromosikan kesehatan. Dalam hal ini, poster kesehatan dapat mengajak atau memberitahu informasi kepada orang lain.

 

Di mana letaknya?

 

Poster kesehatan biasanya mudah ditemukan di tempat-tempat yang berhubungan dengan kesehatan, seperti rumah sakit dan puskesmas. Tetapi, ada pula poster kesehatan yang dipasang di tempat lain, misalnya di jalanan, sekolah, kantor, dan mall. Tempat-tempat tersebut merupakan tempat umum yang sering didatangi orang-orang.

pixabay.com

Contoh poster kesehatan

 

Pernakah Anda pernah membaca poster tentang bahaya merokok, bahaya pergaulan bebas, bahaya narkoba, atau poster tentang pola hidup sehat? Poster tersebut merupakan salah satu contoh dari poster kesehatan.

 

Bagaimana cara dan tips membuat poster kesehatan yang menarik?

 

Setelah mengetahui penjelasan mengenai poster, yuk, sekarang mencari tahu bagaimana cara dan tips membuat poster kesehatan!

 

  1. Tentukan audience atau pembaca poster

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menentukan audience merupakan salah satu hal penting dalam membuat poster. Coba tanyakan pada diri Anda, “Poster ini saya tujukan untuk pembaca anak-anak, remaja, atau orang dewasa?”

  • ) Poster untuk anak-anak

Jika pembacanya anak-anak, lebih disarankan menggunakan poster yang kaya gambar dengan sedikit teks atau tulisan. Hal ini dikarenakan mereka biasanya lebih menyukai gambar berwarna-warni daripada tulisan panjang yang susah dimengerti.

b.) Poster untuk remaja

Poster kesehatan untuk remaja bisa tentang pergaulan bebas, sex bebas, narkoba, dan lain-lain. Penggunaan tulisan lebih banyak dalam poster mulai bisa digunakan.

c.) Poster untuk dewasa

Poster kesehatan untuk orang dewasa bisa tentang poster kehamilan, menjalin keluarga yang sehat, dan lain-lain. Mungkin dapat ditambah dengan visual atau yang hanya bisa dimengerti oleh orang dewasa.

pixabay.com
  1. Menentukan tempat poster

Selanjutnya, Anda bisa mulai menentukan di mana poster akan diletakkan. Apakah di ruang terbuka atau di ruang tertutup.

  • ) Poster di ruang terbuka

Poster ini haruslah tahan segala jenis cuaca seperti hujan, panas, debu, dll. Selain itu poster di ruang terbuka biasanya memerlukan brightness yang lebih tinggi daripada poster yang berada di dalam ruangan agar poster dapat dengan mudah terlihat oleh orang banyak. Selain itu, ukuran poster di ruang terbuka biasanya juga lebih lebar daripada yang ada di ruang tertutup.

b.) Poster di ruang tertutup

Oleh karena di ruang tutup biasanya sudah ada banyak cahaya lampu, penggunaan poster dalam keadaan ini tidak perlu ditambah brightness lagi.

 

  1. Mulai membuat poster

Akhirnya, sampai juga dalam tahap ini. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat poster. Berikut langkah-langkahnya.

pixabay.com
  • ) Buat desain yang mudah dibaca dari kejauhan

Poster yang baik adalah poster yang juga dapat mudah dibaca dari kejauhan. Hindari menggunakan font yang terlalu kecil. Sesuaikan ukuran font Anda dengan poster secara keseluruan. Selain itu, Anda bisa memainkan ukuran font. Gunakanlah ukuran tulisan atau font yang lebih besar dari tulisan lainnya untuk menonjolkan informasi yang ingin Anda sampaikan.

 

b.) Perhatikan kontras warna

Membuat desain yang mudah dibaca bisa diawali dengan memilih warna yang tepat. Padu padankan warna yang memiliki kontras agar terlihat jelas. Hindari memilih warna yang hampir sama. Misalnya, Anda memilih warna hijau tua untuk teks yang ada di poster Anda, dan warna biru tua untuk backgroundnya. Kedua warna tersebut membuat teks sulit untuk dibaca, karena warna yang hampir sama.

 

c.) Pertimbangkan ukuran dan lokasi penempatan

Apabila Anda ingin menempatkan poster dengan media luar ruangan, disarankan gunakanlah poster dengan ukuran lebih lebar dari poster yang biasa ada di dalam ruangan. Sehigga, poster dapat lebih mudah dibaca oleh orang yang berada dikejauhan.

 

d.) Gunakanlah satu visual besar di dalam poster

Menggunakan satu visual besar yang dominan bisa menjadi titik fokus utama dalam poster. Selain terlihat simpel, desain poster yang seperti ini dapat menonjolkan informasi yang ingin disampaikan.

 

  1. Menyediakan ruang kosong yang luas

Setelah membuat poster, kini saatnya untuk meletakkannya di tempat yang diinginkan. Jangan lupa untuk memberikan ruang kosong yang luas di sekitar poster agar pembaca tidak teralihkan fokusnya, dan hanya akan fokus kepada poster tersebut.

 

Contoh:

Poster kesehatan untuk anak

 

Dalam artikel kali ini, akan dijelaskan contoh poster kesehatan untuk anak. Poster ini menceritakan tentang makan makanan 4 sehat 5 sempurna. Poster bisa dipadukan dengan banyak gambar menarik seperti buah-buahan, sayur-sayuran, susu, ikan, dan lain-lain. Warna yang ditampilkan juga warna yang lembut, imut, kalem seperti warna pastel contohnya, yang identik dengan anak-anak.

Lalu, agar dapat dengan mudah dibaca oleh anak-anak, poster ini dapat ditempel di Taman Kanak-Kanak (TK) atau bisa juga di rumah sakit anak.

 

 

Nah, itulah artikel mengenai poster kesehatan. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *