Seperti yang Anda tahu, semua hewan berkembang biak dengan caranya masing-masing. Lalu, ikan paus berkembang biak dengan cara apa?

Ikan paus merupakan salah satu hewan mamalia yang hidup di air. Dan ikan paus bukanlah hewan dari kelompok ikan (pisces). Jadi, ikan paus tidak akan berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar).

Tepatnya, ikan paus berkembang biak secara vivipar atau melahirkan, sama seperti mamalia lainnya. Jadi, ikan paus jantan dan ikan paus betina akan saling kawin untuk menghasilkan anak paus.

Dari perkawinan tersebut terjadilah pembuahan (fertilisasi) antara sel telur dan sel sperma, lalu menghasilkan zygot. Kemudian, zygot akan berkembang membentuk embrio atau calon anak paus.

Nah, perkembangan embrio tersebut menyebabkan ikan paus betina mengalami kehamilan. Biasanya, ikan paus betina akan mengandung anaknya selama 10 sampai 16 bulan, lalu melahirkannya.

Namun, masa kehamilan ikan paus betina tidak selalu sama. Hal ini dikarenakan masa kehamilan pada ikan paus berbeda-beda, tergantung dengan jenis spesies ikan paus.

Itulah ulasan tentang ikan paus berkembang biak dengan cara melahirkan. Jadi, Anda sekarang tahu bahwa ikan paus tidak berkembang biak dengan cara bertelur, tapi melahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *